Minggu, 25 Desember 2011

Indahnya Pulau Rupat Riau

Oleh : Fidelia Depari
Pulau Rupat merupakan gugus pulau yang ujung utaranya berada persis di bibir Selat Malaka. Kawasan ini seluas 10.852,77 kilometer persegi dan berada di ujung barat daya Bengkalis, ibu kota Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

Pulau Rupat bagian dari kawasan Pantai Pasir Panjang Tanjung Medang, Teluk Riau, Kecamatan Rupat. Pantai pasir putih sepanjang 17 km, yang merupakan pantai pasir putih terpanjang di Indonesia menjadi nilai tambah bagi pulau ini.


Pulau yang berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia, membuat pulau ini diyakini bisa menyaingi Pulau Dewata, Bali, sebagai salah satu lokasi tujuan wisata regional/internasional.

Pulau Rupat dapat dijangkau dari Pekanbaru, Dumai atau Bengkalis. Jalur utama pengangkutan dari dan ke pulau ini adalah melalui laut. Telah ada jadwal transportasi tetap menuju ke pulau ini, yaitu jadwal penyeberangan Roro dumai rupat.

Perjalanan dari Dumai ke Pulau Rupat dapat ditempuh dalam waktu 20 - 30 menit dengan menggunakan Roro. Sedangkan berangkat dari Bengkalis membutuhkan waktu lebih kurang 2 jam perjalanan.


Sumber :
http://travel.ghiboo.com/indahnya-pulau-rupat-riau
31 Oktober 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar