Minggu, 25 Desember 2011

Pulau Rupat Potensial bagi Pengembangan Pariwisata

PEKANBARU--MI: Pulau Rupat di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau yang lokasinya berdekatan dengan Malaysia dan Singapura sangat potensial untuk pengembangan pariwisata.

"Pulau Rupat dapat menjadi tujuan wisata yang akan sangat diminati di Provinsi Riau," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Inventasi Kabupaten Bengkalis, Andre Sukarmen.

Ia menjelaskan Pulau Rupat merupakan pulau indah dengan bentangan pantai pasir putih dan letaknya persis menghadap Selat Malaka dan dipisahkan oleh sebuah selat sempit pantai Kota Dumai yang telah dirancang sebagai pelabuhan distribusi barang dan jasa untuk Riau daratan dan Pulau Sumatera.


"Selain itu, Posisi Pulau Rupat berdekatan dengan negara Malaysia dan Singapura, sehingga dapat menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara," katanya.

Ia menambahkan, rencana pengembangan Oulau Rupat sebagai tujuan wisata di Kabupaten Bengkalis sudah lama dibahas dengan tujuan untuk menciptakan tujuan wisata baru di Provinsi Riau.

Pengembangan Pulau Rupat juga diharapkan dapat menjadi perangsang aktifitas ekonomi dan bisnis di Riau yang mencanangkan dirinya sebagai pusat pertumbuhan ekonomi, seni, dan budaya Melayu.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Bengkalis membuka peluang besar bagi para pelaku usaha atau investor yang ingin menanamkan modalnya dalam mengembangkan onjek pariwisata Pulau Rupat.

Untuk menarik minat para pelaku usaha yang ingin menanamkan modalnya di Pulau Rupat Pemkab Bengkalis menyediakan sejumlah insentif.

"Insentif tersebut berupa penyediaan lahan, kemudahan fasilitas dan perizinan, pengadaan fasilitas listrik, telekomunikasi dan akses jalan," katanya.

Pengembangan Pulau Rupat tersebut dinilai akan berdampak positif bagi peluang investasi dan perbaikan taraf ekonomi masyarakat khususnya di Kabupaten Bengkalis. (Ant/OL-06)


http://www.mediaindonesia.com/index.php?ar_id=NTM0MjU= dalam :

http://www.indonesia.go.id/in/pemerintah-daerah/provinsi-riau/1898-sarana-dan-prasarana/7853-pulau-rupat-potensial-bagi-pengembangan-pariwisata.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar